HIDUP DI DALAM TERANG KRISTUS

 

Hidup dalam Terang

Nats : Efesus 5:1-21 

Shalom, Saudara yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus, teks ini berbicara tentang bagaimana rasul Paulus menasehati anggota-anggota jemaat   yang ada di Efesus, dimana anggota jemaat yang dahulunya adalah  kafir, tetapi sekarang telah menjadi percaya dan menjadi orang-orang kudus.

Sebelumnya dalam pasal 4 :1-16 rasul Paulus menasehati jemaatnya atau orang percaya yang dipanggil supaya hidup mereka berpadanan dengan kehendak Tuhan dan  hidup selalu rendah hati serta menunjukan kasih kepada sesama  dan hidup saling membantu sebagai orang yang sudah mengenal Kristus. 

Kemudian dalam ayat 17-32 rasul Paulus menasehati dengan tegas jemaat yang ada di Efesus supaya mereka hidup sebagai orang yang mengenal Kristus atau sebagai orang  yang telah mengenakkan Kristus dan hidup baru di dalam Kristus tidak hidup dalam kemanusiaan yang lama.

Tema yang saya berikan adalah "Hidup di dalam Terang Kristus"

mari saya mengajak kita belajar dari teks dengan tema di atas. 

Bagaimanakah pribadi seorang yag hidup dalam Terang Kristus?..

Dari pertanyan tersebut kita akan melihat ada tiga poin penting bahwa pribadi yang hidup dalam terang Kristus adalah:

1. Pribadi yang menjadi Penurut-penurut Allah (1)

Dalama bahasa indonesis Sehari-hari (BIS)  pada yat satu diterjemahkan "Kalian adalah anak-anak Allah yang dikasihi-Nya, sebab itu kalian harus berusaha mengikuti teladan Allah"

dan dalam Terjemahan Baru (TB) di artikan "Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih"

Saudara Rasul Paulus mengatakan jadilah penurut-penurut Allah bukan hanya sekedar  menasehati  tetapi juga suatu perintah yang harus dilakukan, alasan rasul Paulus mengatakan ini oleh  karena ia melihat bahwa antara anak-anak dan menjadi penurut-penurut Allah itu terdapat suatu hubungan yang sangat erat (1 Kor 4:14,16)  dalam (Mat 5:44) dimana dikatakan bahwa menjadi anak berarti, bertindak sama seperti Bapa disorga, (apa artinya = ketika kita sudah menjadi anak Allah kita pasti bisa melakukan apa kehendak Allah, dan kita menuruti apa yang diperintahkan Allah)

Kata Penurut dalam bahasa Yunani memakai kata mimhtai yang memiliki  arti : peniru, menuruti teladan Allah, menjadi Pengikut Allah. 

Jadi, kata penurut dalam teks Firman Tuhan ini adalah orang yang telah percya tidak hanya cukup memperpercya Tuhan, melainkan, mencontoh atau  meneladani Allah dan inilah yang disebut dengan pengikut Allah.

GWN  5:1  Imitate God, since you are the children he loves.

(Meniru Tuhan,  karena  kamu adalah anak-anak yang di cintai)

KJV  5:1  Be ye therefore followers of God, as dear children;

(Jadilah kamu sebagai pengikut Tuhan, sebagai anak-anak yang disayangi)

NAS 5:1  Therefore be imitators of God, as beloved children;

(Oleh karena itu jadilah peniru Tuhan, sebagai anak-anak yang terkasih)

Dalam ayat 3-7: dijelaskan bahwa orang yang hidup dalam  terang  Tuhan tidak akan bersikap netral atau berdiam dalam perbuatan-perbuatan kegelapan dan kebejatan.  Orang yang hidup dalam terang Tuhan   selalu siap membeberkan,menegur dan menentng ketidak benaran arti orang yang hidup dalam terang Kristus membenci dosa.  Paulus juga mengingatkan orang percaya tenttang perbuatan sifat dosa bahwa mereka yang melakukan hal itu tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah. 

2. Pribadi yang hidupnya tidak Bebal tetapi Arif  (15-16)

BIS Ephesians 5:15 Sebab itu, perhatikanlah baik-baik cara hidupmu. Jangan hidup seperti orang-orang bodoh; hiduplah seperti orang-orang bijak.

ITB Ephesians 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif.

Kata Arif dalam bahasa Yunani memakai kata sofia yang memiliki arti = clever, skillful, experienced = pandai, mahir, dan berpengalaman.   

GWN Ephesians 5:15 Don't live like foolish people but like wise people.

(Jangan hidup seperti orang-orang bodoh tetapi menyukai orang-orang yang bijaksana dan hiduplah dengan bijaksanaan).

NAS Ephesians 5:15 Therefore be careful how you walk, not as unwise men, but as wise,

(Oleh karena itu jadilah saksama (Teliti,cermat)  bagaimana kamu berjalan dalam hidupmu, bukan sebagai orang bodoh, tetapi sebagai orang yang bijaksana).

NIV Ephesians 5:15 Be very careful, then, how you live-- not as unwise  but as wise, 

(Hiduplah dengan sangat hati-hati, bukan sebagai bodoh tetapi sebagai orang yang  bijaksana).

Kata Arif ini juga diartikan “Bijaksana” yang memiliki arti selalu menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuannya) arif, tajam berfikir,padai dan hati-hati (cermat, Teliti).

Jadi,  kata Arif  ini memiliki pengertian pribadi yang percaya kepada Tuhan yang pandai serta berpengalaman di dalam menyikapi hidup dalam segala keadaan dan begitu mahir didalam mengatur waktu. 

3.Pribadi yang mengerti Kehendak Tuhan  (17) 

Kata mengerti dalam bahasa Yunani memakai kata suni,ete dari kata dasar suni (bentuk kata :verb imperative present active) understand, comprehend, gain an insight into (memahami, mengerti atau sanggup mengerti)

orang yang hidup dalam terang Kristus itu dapat memperoleh suatu pengertian yang mendalam tentang kehendak Allah ialah ketika ia sanggup mengerti kehendak  Allah )

Jadi, pribadi yang hidup dalam terang Kristus tidak hanya menjadi penurut-penurut Allah dan juga hidup arif melainkan ai sanaggup mengerti kehendaka Allah.  

KJV Ephesians 5:17 Wherefore be ye not unwise, but understanding what the will of the Lord is.

Ini mau menunjukan bahwa  kamu tidak bodoh, tetapi pahami  apa yang di kehendak Tuhan kepadamu. 

Saudara, yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus apa yang dikehendaki rasul Paulus kepada orang percaya supaya mereka mengerti kehendak Allah ???

Rasul Paulus menginginkan supaya orang yang percaya tidak mabuk dengan minum Anggur, alasannya karena dengan minum anggur akan merusakan hidup mereka sehingga mereka jatu dalam dosa.

Oleh karena itu hiduplah dalam terang Kristus dengan menjadi penurut-penurut Allah, tidak menjadi bebal tetapi berhikmat dan menjadi pribadi yang mengerti dan memahami kehendak Allah dengan sempurna

Tuhan Yesus Memberkati

0 Response to "HIDUP DI DALAM TERANG KRISTUS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel