PUJILAH TUHAN


Pujilah Tuhan

MAZMUR 117:1 Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!. MAZMUR 117:2 Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan TUHAN untuk selama-lamanya. Haleluya!

 

Kapan kita harus memuji Tuhan? adakah waktu khusus yang ditentukan agar kita memuji Tuhan?. Jawaban sederhana atas pertanyaan di atas ialah Pujilah Tuhan di segala waktu, baik dalam keadaan susah atapun senang, sedang sehat ataupun sakit. Dalam segala keadaan tetaplah memuji Tuhan.

            Jika kita memperhatikan kata “Pujilah” dan “Megahkanlah” ini merupakan kata kerja perintah yang disampaikan oleh pemazmur agar semua bangsa memuji Tuhan dan memegahkan satu pribadi yakni Tuhan. Karena hanya Dialah yang layak ditinggikan dan dimuliakan. Dalam King James Version “O praise the LORD, all ye nations: praise him, all ye people. Dalam terjemahan ini muncul kata “Praise” the Lord. Puji dan sembahlah Tuhan. sedangkan dalam New American Standar Bible “ Praise the LORD, all nations; Laud Him, all peoples!. Disini tidak hanya kata “Praise” yang muncul tetapi “Laud” yang berarti menyanjung Dia/Tuhan. Berbeda dengan itu New International Version menerjemahkan “Praise the LORD, all nations; extol Him, all you peoples!. Tidak hanya “praise” yang muncul  tetapi “extol” yang berarti memegahkan Dia setinggi-tingginya. Jadi, yang pemazmur ingin tegaskan ialah agar segala suku dan bangsa harus memuji, memegahkan, menyanjung dan meninggikan Tuhan.

            Dari pernyataan ayat satu diatas, muncul pertanyaan, mengapa kita harus memuji Tuhan? Dalam hal inilah pemazmur ingin menegaskan secara Teologis dalam dua inti besar sebab kita memuji Tuhan:

Pertama, kita harus memuji Tuhan Karena Kasihnya Hebat Atas Kita.

Kedua, kita harus memuji Tuhan karena kesetianNya kepada kita kekal adanya.  

Haleluya

Amin
Soli Deo Gloria

 

 

 

 

0 Response to "PUJILAH TUHAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel