Yesus adalah Guru dan Tuhan


 

Yohanes 13:13 kata Yesus kepadanya; kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, katamu itu tepat, memang Aku adalah guru dan Tuhan.

Mungkin diatara saudara sudah pernah mendengarkan pertanyaan mengenai ketuhanan Yesus. ada pertanyaan yang sering diutarakan kepada orang Kristen. pertanyaan seoerti ini, jika memang Yesus adalah Tuhan coba tunjukkan satu ayat Alkitab yang mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan dan sembahlah Aku? Pertanyaan ini dianggap sebagai pertanyaan berbobot, kemudian ditambah lagi, jika ada ayat yang mengatakan demikian maka hari ini juga saya masuk Kristen. 

Tentu kalau saudara mendengarkan pertanyaan tersebut agak sedikit arogan, karena jika saudara mampu membuktikan itu dalam Alkitab maka orang akan banyak percaya kepada Yesus. sebelum menjawab pertanyaan itu, apakah konsep pengenalan kekristenan seperti itu? harus diketahui bahwa pada waktu Yesus melayani di dunia perkataan Yesus selalu dalam bentuk penggambaran. karena orang Yahudi mengerti ketika Yesus memberikan jawaban ataupun penjelasan dari setiap apa yang Yesus katakan. 

Banyak dalam Alkitab yang memperlihatkan Yesus mengajar dengan memberikan penggambaran. waktu Ia menyebut diri Jalan, Kebenaran, hidup, Roti, pintu dll semua itu dalam bentuk penggabaran akan siapa Dia. mengapa Yesus menggunakan itu, karena orang Yahudi mengerti pengajaran model itu. maka dengan demikian Yesus tidak menjawab sama seperti orang barat yang bisa memberikan definisi, etimologi secara langsung. 

jadi, jika Yesus tidak mengungkapkan Dia adalah Tuhan bukan berarti Dia bukan Tuhan. ini ibarat seorang presiden dia tidak perlu berteriak dia presiden, dari tindakan seperti mengangkat metri dan kapolri dan pejabat lainnya serta memberhentikannya itu hanya bisa dikerjakan oleh presiden. demikian Dengan Yesus, pada waktu Ia berkata Dosamu sudah diampunni, itu adalah bukti bahwa Dia Adalah Allah. karena hanya Allah yang bisa mengampuni dosa. dengan demikian dengan tegas saya katakan bahwa Tuhan yang dosembah oleh orang Kristen bukan Tuhan yang dipikirkan oleh mereka dengan pertanyaan itu. 

Dari perjalanan hidupNya dan pelayanan dan segala mujizat yang dilakukanNya sudah cukup membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan dan juruselamat. Bertobat, terimalah Dia dalam hatimu agar engkau diselamatkan.  

Ayat di atas adalah jawaban konfirmasi dari Yesus terhadap pertanyaan orang banyak Yesus adalah guru dan sekaligus Tuhan. Amin

0 Response to "Yesus adalah Guru dan Tuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel