KASIH ITU TIDAK CEMBURU

 


1 Korintus 13:4

 

    Bagaimana kita bisa menggabarkan orang Kristen yang dewasa? Kitab Korintus meperlihatkan bagaimana kehidupan jemaat yang dewasa yakni memiliki KASIH. Kelihatan aneh memang jemaat Korintus ada banyak yang memiliki karunia roh tapi tidak punya kasih. Sehingga untuk mencegah agar tidak terjadinya perpecahan dalam jemaat Rasul Paulus menjelaskan kekuatan KASIH.  Salah satu yang Paulus rincikan adalah kasih itu tidak cemburu. 


Ap itu cemburu? 


Dalam KBBI cemburu artinya merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung; sirik, iri, dan sebagainya. 


Dalam Ensiklopedi Alkitab Masa kini (Jilid 1 A-L) cemburu atau kecemburuan arti dari kata Ibrani Qin’a aslinya ialah menyala, kemudian berwarna merah yang kelihatan pada wajah sesorang yang diliputi perasaan membara, lalu perasaan tidak senang terhadap seseorang yang memiliki sesuatu, yang tidak dimiliki sendiri. Contohnya sikap Rahel terhadap kakaknya (Kej. 30:1). 

      

Kata cemburu juga kadang-kadang diterjemahkan “iri hati”. “Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati” (Lih. Ayub 5:2) dan Amsal 14:30 “Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang”. 


Kata cemburu, iri juga sangat erat kaitannya dengan dengki. Kata Yunani Fthonos yang berarti dengki: benci, tidak suka karena iri yang amat sangat kepada keberuntungan orang lain. Sifat tersebut menandakan khas dari hidup yang belum ditebus (Rom. 1:29). Kitab Injil Matius juga mencatat bahwa Pilatus mengetahui bahwa mereka (Imam kepala, Ahli Taurat, orang banyak) menyerahkan Yesus karena dengki, (Mat. 27:18).


Menurut Jan Crusius, cemburu, Iri dan dengki adalah seragam dan jahat. 


Jadi, secara sederhana cemburu dan iri hati adalah perasaan tidak senang atas keunggulan atau keberuntungan orang lain.


Alkitab menempatkan cemburu dan iri hati pada daftar perbuatan daging (Gal. 5:19-21).  


Apakah Anda pernah cemburu?

Setiap orang pasti mengalami hal yang sama “cemburu” terhadap banyak hal. Cemburu terhadap milik orang lain. Cemburu karena orang lain sudah memiliki apa-apa yang belum kita miliki. Secara sederhanya saya gambarkan sebagaimana yang diungkapkan oleh pakar Bahasa.


Cemburu

Iri Hati

Kepunyaan sendiri

Kepunyaan orang lain

Takut kehilangan apa yang dimiliki

Sakit hati melihat orang lain punya

 

Cemburu tidak pandang bulu dan tempat


Kita tidak bisa menghidar dari cemburu atau iri hati. Sebab cemburu dan iri adalah dosa universal. Sebab itu semua orang pasti pernah jatuh dalam dosa ini. Kita sering menjumpai cemburu dan iri bisa didapati dalam: Keluarga, sekolah, kantor, gereja, saudara, teman, rekan kerja, bahkan rohaniawan.  Lebih parahnya adalah orang sudah cemburu dan iri hati dibawa-bawa sampai seumur hidup. 

Seorang bapa renaissance berakta “orang yang iri hati adalah orang yang menghancurkan dirinya sendiri dengan kejahatan berbisanya”


Jadi, berhentilah dan buanglah perasaan cemburu dan iri, karena semuanya itu hanya menghancurkan diri sendiri.


Cara mengatasi cemburu dan iri hati


1)   Miliki hati yang bersyukur

2)   Jangan membanding-bandingkan

3)   Bersukacita atas keberhasilan orang lain (Roma 12:15)

4)   Melayani tanpa pamri

 


Amin







0 Response to "KASIH ITU TIDAK CEMBURU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel