JIKALAU KAMU MENGASIHI AKU

 

Yohanes 14:15-21

 

14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.

14:20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

 

Kita mungkin pernah mendengar orang berkata “aku akan hidup bersamamu selamanya, itupun jikalau kamu mau”. Kalimat itu disampaikan agar salah satu dari mereka dapat memberi jawab bersedia atau tidak. Dan kalimat itu juga menunjukkan bahwa belum tentu dari salah satu itu bersedia hidup dengannya.

Dalam pembacaan kita di atas Yesus memulai kalimat dengan berkata “jikalau”. Kata ini menunjukkan bahwa kamu belum tentu mengasihi Aku, kata-kata itu ditujukan kepada para murid. Tidak hanya itu kata dalam kalimat itu juga berlaku bagi kita. Sekalipun kita sudah lama melayani Tuhan, atau sudah lama menjadi orang Kristen atau baru menjadi orang Kristen, bisa jadi kita juga belum mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh. Maka, setiap kita perlu memeriksa diri atau hati kita apakah kita mengasihi Tuhan atau tidak.

Murid-murid itu menunjukkan kasih mereka kepada Yesus dengan ingin menahan Yesus agar tetap bersama dengan mereka. Tetapi Yesus berkata jika seseorang mengasihiNya, maka orang itu akan mentaati semua perintahNya. Disini Yesus ingin menekankan kewajiban mereka pada saat Ia tidak lagi bersama dengan mereka. Mereka harus mengasihi Dia dan membuktikannya dengan mentaati perintah-perintahNya.

Hal ini sama dengan yang tertulis dalam 1 Yohanes 5:3 sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu bahwa kita menuruti perintah-perintahNya. Kalimat Tuhan Yesus itu merupakan teguran, peringatan dan sekaligus nasihat: (1). Bagi mereka yang mengira bahwa mereka mengasihi, tetapi tidak taat, (2). Bagi mereka yang mengira bahwa mereka taat, tetapi tidak mengasihi. (3). Bagi mereka yang sadar bahwa mereka tidak mentaati maupun mengasihi Allah.

Ketaatan adalah buah yang harus ada dari kasih. Kasih tanpa adanya ketaatan adalah kepura-puraan. Itu sama halnya ketika kita berkata “kita mengasihi Allah tetapi membenci sesama kita”, atau menunjukkan ketaatan tetapi dalam hati kita justru menggerutu atau bersungut-sungut.

Seseorang tidak mungkin mengasihi Allah kalau ia tidak merasakan bahwa Allah mengasihi dia (1 Yoh. 4:10). Semakin sesorang merasakan kasih Allah kepadanya, semakin ia bisa mengasihi Allah. Bukti dari kasih Allah ialah Ia relah mati di salib untuk menebus setiap kita dari segala dosa kita.

Saudara yang dikasih Tuhan, untuk itulah Yesus meminta kepada Bapa agar memberikan seorang penolong yang lain, yaitu Roh Kudus sebagai Roh kebenaran. Lalu, apa hubungannya kasih kepada Allah yang terlihat dalam ketaatan dengan memberikan Roh Kudus kepada para murid? Kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya, sangatlah penting. Dengan hadiranNya, Roh Kudus dapat menolong, memimpin, dan mengarahkan setiap orang percaya untuk dapat mengasihi dan taat kepada Allah.

Kehadiran Roh Kudus, menunjukkan Yesus Kristus tidak ingin meninggalkan para murid atau setiap orang percaya sebagai yatim piatu. Kehadiran Roh Kudus agar dapat menyertai dan diam di dalam hati setiap orang percaya.

Yesus berkata jika kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti perintah-perintahKu. Berarti kalau kita tidak mentaati perintah-perintahNya, kita sedang tidak mengasihi Allah. Apa sebetulnya perintah-perintah yang harus ditaati oleh orang percaya sebagai bukti kita mengasihi Allah?

Perintah tersebut tertuang dalam sepuluh hukum Taurat, dan ketika Yesus tampil ia merangkumkan hukum itu dalam dua bagian besar yaitu: (1) Kasih kepada Allah. Kasih demikian dinyatakan dengan segenap hati, segenap jiwa, dengan segenap akal budi dan dengan segenap kekuatan. (2) Kasih kepada sesama. Mengapa kita harus mengasihi sesama? karena kita terelebih dahulu telah di kasih oleh Allah, maka kita harus mengasihi, dan kasih itu dibuktikan seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

Amin

Tuhan Yesus memberkati kita semua

1 Response to "JIKALAU KAMU MENGASIHI AKU"

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel