Melihat pekerjaan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia.

Mahkita orang bijak


Teks: Pengkhotbah 3:1-15

Untuk  segala sesuatu dalam hidup ini ada masanya (1-9) Allah telah membuatnya demikian.  Manusia memahami waktu, tetapi ia tidak dapat mengeti seluruh pekerjaan Alah (11). Jadi, ia belajar untuk berdiri dengan getar serta kagum dihadapan Allah . Didalam kehidupan ini terdapat ketidak adilan dan kebobrokan (16), namun Allah telah menetapkan waktu untuk penghakiman yang adil meskipun setiap orang suatu ketika pasti akan mati.  

Tema : Melihat pekerjaan  yang diberikan  Allah  kepada anak-anak manusia.

Kaltan: Apakah pekerjaan  Allah yang dapat kita lihat sebagai anak-anak Allah?

Poin :  

1. Ia “membuat “segala  sesuatu indah pada waktunya (11a)

Kata “membuat”  dalam bahasa Ibrani memilki arti : menentukan (waktu yang tepat),   membuat, berbuat, untuk menyiapkan , pertunjukan,  memenuhi, untuk mengindahkan, Ia (Allah) telah menjadikan/ membuat segala sesuatu indah secara sempurna.  

Jadi, kata “membuat” dalam teks ini dapat disimpulkan bahwa Allah telah membuat, menyiapkan, menunjukan , memenuhi, mengindahkan dan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunnya.

2. Ia memberikan  kekekalan dalam hati manusia (11b)

Kata memberikan dalam bahasa Ibraninya berarti Ia telah menaruh .  Kata “memberikan” dalam hal ini dapat diartikan bahwa: Dia (laki-laki) telah memberikan. Apa yang diberikan dan kemudian siapa yang memberikan .  Allahlah yang memberikan.  Allah telah memberikan kekekalan (masa depan yang tak ada hentinya dalam) hati manusia. 

Kata “kekekalan” dalam bahasa Ibrani berarti kekal, abadi, selamanya.  

Jadi, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Allah telah menempatkan, menaru, memberikan kekekalan (masa depan selama-lamanya) dalam hati manusia secara nyata.  

3. Ia membuat manusia menikmati kesenangan jerih payahnya  (12)

Kata menikmati dalam bahasa Ibrani berarti menikmati dan melihat hasil jerih payahnya.

Keimpulan :

 Jadi, inilah pekerjaan yang Allah kerjakan bagi kehidupan manusia yang dapat kita lihat .  Allah membuat segala sesuatunya sungguh-sungguh sangat berarti, segala sesuatu indah pada waktunya.

..semoga menjadi berkat...


Tulisan Waktu Mahasiswa tingkat II STTAB

0 Response to "Melihat pekerjaan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel