MINUM RACUN MAUT TIDAK MENDAPAT CELAKA, APA MAKSUDNYA?

sekalipun minum racun tidak mendapat celaka

Markus 16:14-18

Sekalipun mereka minum racun maut mereka tidak akan mendapatkan celaka. Untuk memahami konteks ini kita perlu ketahui bahwa kalimat ini langsung keluar dari perkataan Yesus Kristus. Sebab Ia akan naik ke sorga, itu sebabnya Ia memberikan suatu tugas tanggungjawab kepada para rasul agar mereka pergi memberitakan Injil ke seluruh bangsa, supaya siapa yang percaya dapat diselamatkan sebaliknya siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Sesudah Ia memberitahukan tugas pemberitaan injil kepada para murid, selanjutnya masuk pada bagian tanda-tanda yang akan terjadi yang menyertai mereka dalam pelayanan. Ada beberapa tanda yang akan terjadi, bagian Pertama mereka akan mengusir setan-setan demi nama Yesus, Kedua, mereka akan berbicara dalam bahasa yang baru bagi mereka. Ketiga mereka akan memegang ular dan tidak mendapat celaka. Keempat sekalipun minum racun maut dan mereka tidak akan mendapat celaka dan yang terakhir adalah mereka akan meletakkan tangan mereka kepada orang sakit dan yang sakit itu akan sembuh. Jadi lima tanda inilah yang akan terjadi dan akan menyertai para rasul dalam pelayanan pemberitaan Injil.

Baca Juga: Berikanlah Kepada Kami Keberanian Untuk Memberitakan Injil

Saya mendengar beberapa peryataan dari beberapa orang yang tidak percaya Alkitab, karena ada kalimat sekalipun minum racun tidak mendapat celaka, mereka mengatakan dalam tafsiran bebas bahwa, untuk menguji iman orang Kristen yang sungguh-sungguh dan yang tidak, berikan mereka minum racun. Apabila mereka tidak mati berarti imannya benar atau sungguh-sungguh sebaliknya jika mendapat celaka atau mati, itu berarti imannya tidak kuat atau perkataan itu tidak benar. Dan mungkin diantara para pembaca yang budiman juga pernah mendengarkan penyataan demikian.

Jika kita mengartikan perkataan itu seperti mereka yang tidak tau apa-apa, maka siapapun kita yang minum racun dengan sengaja pastilah mati. Jika hal itu terjadi itu namanya mencobai Tuhan dan membunuh diri. Kita akan dikatakan bodoh apabila minum racun dengan sengaja dan mati konyol tak berguna. 

Masih ingatkah kita ketika Yesus berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam? Salah satu pencobaan dari iblis ialah menyuruh Yesus untuk menjatuhkan dirinya dari atas ke bawah, iblis katakan sebab ada malaikat-malaitkat yang akan menatang Engkau (Yesus) dan kakimu tidak akan terantuk ke bawah sehingga tidak mendapat celaka. Ini juga hampir mirip ada orang menyuruh kita minum racun karena ada kalimat “tidak mendapat celaka”. Kita belajar dari Tuhan Yesus, ketika iblis mencobaiNya ia katakan ‘jangan engkau mencobai Tuhan Allahmu”. 

Sekarang kita akan melihat apa sesunggunya maksud perkataan itu? Jika pembaca yang budiman membaca beberapa tafsiran dan buku-buku ada juga yang berpendapat bahwa perkataan itu tidak ada dan itu hanya ditambahkan saja. Tetapi dasarnya tidak kuat, sebab Alkitab ini sudah berdasarkan proses kanonisasi dan kisah ini adalah benar. Kalau begitu menurut pemahaman saya arti dari perkataan Yesus itu ialah ketika seorang rasul, penginjil, dan orang-orang percaya yang sungguh-sungguh pergi memberitakan Injil dan ada banyak orang yang menolak, mengancam dan bahkan mencelakakan sampai memberi minum racun, kemudian seorang penginjil atau orang percaya tidak tahu bahwa ia diberi minum racun, saya percaya disitulah akan terjadi mujizat. Sebab pasti Allah tidak akan pernah membiarkan hal itu. Dan saya juga percaya bahwa rencana jahat itu bisa dipakai Tuhan untuk membuat mereka yang belum percaya dapat disadarkan karena mujizat yang terjadi. Jadi intinya adalah tanpa sepengetahuan, bukan karena mencoba-cobai.

Baca Juga: Iman yang dipuji adalah Iman yang Teruji

Kemudian bagian kedua ada kalimat “dipatok ular namun tidak cekala” ini juga pernah terjadi dalam kisah para Rasul. Ketika paulus terdampar di pulau Malta dan ketika menyalakan api dan mengangkat kayu ternyata dibalik itu ada uar dan Paulus dipatok ular. Semua orang yang menyaksikan hal itu berpikir bahwa orang ini pasti tidak dikehendaki oleh dewa untuk hidup karena dosa dan kejahatannya. Namun apa yang terjadi justru Paulus tidak mendapat celaka akhirnya orang yang menyaksikan hal itu percaya kepada Yesus. Itulah tanda mujizat yang mnyertai mereka dalam pelayanan. 

Jadi intinya ialah jangan mencobai Tuhan dengan cara yang tidak bijak. Jangan mau mati konyol dalam kebodohan. Amin

Tuhan Yesus memberkati




0 Response to "MINUM RACUN MAUT TIDAK MENDAPAT CELAKA, APA MAKSUDNYA?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel