Apa Itu Ilmu Teologi

  

Ilmu Teologi

Ilmu Teologi

Membaca judul di atas tentu ada banyak orang yang mengaguminya karena itu tidak sedikit yang mau mempelajari apa itu Teologi. Ada pula orang-orang yang tidak mengangumi sama sekali bahkan mungkin ada yang meremehkannya, karena bagi beberapa orang tersebut teologi itu hanya sebuah ilmu yang menekankan emosional ataupun perasaan. 

Melalui tulisan ini penulis memberikan uraian dan penjelasan terhadap apa itu teologi. Tentu ini juga merupakan salah satu jawaban atas kesalahpahaman banyak orang terhadap ilmu teologi, dan membuka mata agar dapat melihat dan memahami bahwa teologi adalah hal yang sangat penting.

Mungkin anda bertanya dari awal dalam hati, teologi yang dimaksudkan seperti apa? Tulisan ini tidak membahas teologi yang lain, tetapi penulis akan membahas teologi dalam iman kristiani dan menyanjikannya dalam berbagai argumentasi yang mudah dimengerti dan dapat menolong setiap pembaca memahami maksudnya. 

Ilmu teologi bukanlah ilmu yang tidak berarti sama sekali, melainkan ilmu teologi adalah ilmu yang berhubungan dengan spritualias yang hidup, memberi kekuatan dan mengarahkan hidup meskipun terkadang melalui kebingungan. Mengapa bingung? Karena belajar teologi berarti masuk dalam berbagai-bagai sentralitas dalam hidup orang percaya. Dan kabar baiknya adalah kebingungan yang dialami yakni membawa pada wawasan yang luas dan pada kematangan diri dalam kedewasaan. Belajar ilmu teologi bukan hanya melengkapi isi kepala tetapi mengalami perubahan hidup dan sampai pada memuliakan Tuhan dalam seluruh eksisensi hidup.

Definisi Ilmu Teologi

Istilah teologi berasal dari akar kata Yunani Theos dan Logos. Theos berarti Allah atau Ilah sedangkan Logos adalah perkataan atau Firman, ilmu. Jadi, makna teologi adalah ilmu mengenai Allah atau Ilah.

Pengerti ini telah diapakai orang yunani sebelum munculnya kekristenan untuk menunjuk pada pemahaman tentang yang ilahi. Dan jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti teologi adalah pengetahuan tentang Tuhan. Dimana di dalammnya mengenai sifat-sifat Allah, dasar-dasar kepercayaan kepada Allah dan agama terutama berdasarkan pada kitab-kita suci. Istilah teologi ini digunakan dalam iman Kristen protestan maupun katololik.

Untuk merumuskan apa itu teologi maka perlu diperhatikan dengan baik, sebab tidak ada teologi Kristen tanpa keyakinan bahwa Allah berfirman dan melalui firman yang menjadi manusia yang kita kenal di dalam Yesus Kristus ini berarti kita harus merujuk pada tulisan yang telah diilhamkan oleh Allah yaitu Alkitab. Itu artinya berbicara tentang ilmu teologi dalam kekristenan mau tidak mau harus merujuk pada satu yakni Alkitab. Dan setiap firman atau perkataan dalam kitab tersebut harus diimani oleh orang percaya.

Selanjutnya siapa yang akan mendengarkan perkataan itu? Mereka adalah orang-orang yang telah dipanggil oleh Allah keluar dari dalam gelap menuju pada terang Kristus (gereja). 

Makna dari ilmu teologi

Bagian ini penulis akan menjelaskan makna dari ilmu teologi ditunjau dari lima bagian penting.

1. Firman Allah

Apa sesungguhnya maksud dari Firman Allah. Ketika orang Kristen ditanya maka jawabannya adalah Alkitab adalah Firman Allah. Jawaban ini tidak salah namun tidak cukup menjawab dan menjelaskan arti dari Friman Allah. Kalau kita membaca kitab pernjanjian lama dan perjanjian baru di dalamnya memberi kita banyak kesaksian tentang Firman yang merujuk kepada Yesus Kristus. Karena itu Firman Allah yang sejati adalah Yesus Kristus yang telah menjadi manusia dan diam diantara kita. jadi, inilah makna sesungguhnya. 

Menerima kesaksian Alkitab mengenai Yesus Kristus. Firman Allah bekerja dalam hati kita melalui karya Roh Kudus.

2. Memahami karya Agung Allah

Karya agung yang penulis maksud adalah merujuk pada karya ilahinya dalam memberi kita damai sejahtera. Kita tahu Allah adalah pencipta kita, dan semua dikerjakan demi kesejahteraan kita. lalu kesejahteraan bagaimana yang ia berikan. Sesudah manusia jatuh dalam dosa hatinya tidak lagi tertujuh pada Tuhan dan ia dituduh oleh kerena dosa. Itulah sebabnya hati manusia tidak telah dirusak dan tidak lagi mengalami damai sejahtera. Maka sekarang melalui kara agung Allah dalam memberi damai sejahtera di dalam hati manusia, setiap orang percaya harus mendengar Firman Allah dan menerimanya dalam hati. Sebab Firman itu kuat dan dapat memberi ketenangan dan damai sejahtera.

3. Menghayati karya Agung Allah

Karya Allah dalam dunia ini menuntut setiap manusia merenung dan menghayati secara pribadi. Karena kita yakin bahwa didalam karya Allah yang agung dalam dunia ini senantia manuntut pada respond an jawaban kita. ketika Allah berfirman menuntut reaksi karena setiap Firman menyangkut seluruh bagian dalam hidup manusia. Sehingga jika itu terjadi maka akan menghasilkan tindakan memuji dan memuliakan namaNya.

4. Tubuh Kristus

Jika merujuk pada perkataan Rasul Paulus bahwa tubuh Kristus itu menunjuk pada bait Allah itu sendiri. Orang percaya yang dipanggil kepada terang kristus itulah gereja atau tubuh Kristus yang disatukan dalam persekutuan orang percaya. Karena itu setiap orang percaya harus menyatakan diri sebagai orang percaya dalam setiap aspek hidup baik dalam keluarga, berjemaat dan hidup dalam lingkungan. Orang percaya yang memahami bahwa ia adalah tubuh Kristus akan bertindak mencari Allah dan berusaha untuk hdiup sesuai dengan kehendak Allah.

5. Misi

Bagian terakhir dari makna teologi adalah misi. Allah adalah pribadi yang bermisi. Bukti ia bermisi ia datang kedalam dunia untuk menyelmatkan manusia yang berdosa. Demikian hal sebagai orang percaya harus juga menyadari bahwa kita dipanggil oleh Tuhan untuk bermisi. Menyatakan kasihNya kedalam dunia yang telah berdosa ini. kita diapnggil untuk menjadi saksiNya. Dunia yang sudah dirusak oleh dosa harus dibawa kepada Allah melalui pemberitaan Firman oleh orang percaya.

Penulis menyadari bahwa masih sangat banyak hal yang perlu dituangkan dalam tulisan ini. Namun disini penulis membatasi hanya pada poin praktis dalam memahami arti dan makna yang terkandung dalam istilah teologi.

Demikian tulisan ini kiranya dapat menjadi berkat.

God bless


0 Response to "Apa Itu Ilmu Teologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel