HUKUM ALLAH


Sepuluh Hukum

Keluaran 20:1-11

Allah memberikan Sepuluh Hukum kepada Musa di gunung Sinai, tiga bulan setelah bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir. Hukum ini diberikan kepada bangsa Israel agar bangsa tersebut dapat berkaca dan melihat apakah sikap mereka telah sejalan dengan kehendak Allah. 'Hukum Taurat adalah penuntun bagi kita (Galatia 3:24). Kita tidak dapat diselamatkan oleh karena melaksanakan Hukum Taurat, melainkan oleh karena imanlah kita dapat diselamatkan. Dan buah iman kepada Allahlah maka kita melaksanakan Hukum Taurat. 

Dasar dari perintah-perintah Allah serta landasan dari kewajiban bangsa itu untuk menaatinya ialah kenyataan bahwa Allah adalah Allah yang telah menyelamatkan mereka. Perintah-perintah yang sudah diberikan kepada bangsa yang sudah diselamatkan dengan tujuan yaitu untuk mengajarkan kepada mereka bagaimana hidup menurut kehendak Allah.  Allah memberikan suatu perintah oleh karena adanya dosa dan keinginan yang jahat dalam hati manusia.

Kalper : Dalam teks firman Tuhan yang sudah kita baca, kita akan belajar hanya ada 4 hukum Tuhan  yang harus kita taati dalam hidup ini yaitu:

Pertama adalah Akulah Tuhan Allahmu, jangan ada padamu Allah lain dihadapanKu (1-3) Allah menyatakan bahwa Dia adalah Tuhan.  Dan Allah memberikan perintah kepada umatNya supaya tidak  menyembah atau memberi penghormatan kepada sesuatu yang melebihi Allah.  

Dalam bahasa ibrani kata “Akulah Tuhan Allahmu” diterjemahakan bahwa “Dialah Yahweh dan Ellohim” artinya bahwa Dialah Allah satu-satunya yang Kudus, berkuasa,dan besar.  Ini membuktikan bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang Kudus dan berkuasa dalam hidup kita.

BIS : "Akulah TUHAN Allahmu yang membawa kamu keluar dari Mesir tempat kamu diperbudak.  Jangan menyembah ilah-ilah lain. Sembahlah Aku saja.

Dapat disimplkan bahwa Allah menyatakan bahwa Dialah yang Membawa umat dari perbudakan dan memberikan perintah Dialah yang harus disembah.

FAYH : "Akulah Yahweh, Allahmu, yang telah membebaskan kamu dari perbudakan di Mesir. "Janganlah kamu menyembah allah lain; hanya Akulah yang patut disembah. 

Allah menyatakan kepada umat bahwa Dialah Allah yang membebaskan mereka dari perbuadakan dan hanya Dialah yang patut disembah.

Ilustrasi: 

Seorang bapa yang menagsihi anaknya, pasti akan dijaga dan dirawat, hingga anak itu dewasa dan mengerti arti  mengasihi dan mengakui bapaknya sebagai orang yang bermurah hati.

Aplikasi

Menyadari bahwa siapakah Allah dan siapakah kita dalam hidup ini adalah sangat penting karena Allahlah yang harus menjadi prioritas kita, Dialah yang utama dan karena Dialah sumber berkat bagi kita.  janganlah menomorduakan Tuhan dalam hidup ini. Karena Tuhan pasti murka terhadap kita. Kita harus menyadari bahwa semua yang kita nikmati adalah dari Allah yang berkuasa itu. Oleh karena itu bersyukurlah oleh karena engkau memiliki Allah yang kudus yang berkuasa mengatur kehidupanmu. 

Kedua, jangan membuat bagimu patung dan jangan sujud menyembah kepadanya. (4-6) 

Dalam FAYH "Janganlah kamu membuat berhala apa pun: baik yang menyerupai binatang di darat, burung di udara, ataupun ikan di air.

Ayat 5 Janganlah kamu bersujud kepada berhala apa pun, atau menyembahnya dengan cara apa pun, karena Aku, TUHAN, Allahmu, sangat cemburu. Aku tidak suka kalau kamu membagi kasihmu kepada-Ku dengan allah lain yang mana pun! "Apabila Aku menghukum orang-orang karena dosa-dosa mereka, hukuman itu juga akan menimpa anak, cucu, dan cicit orang-orang yang membenci Aku itu.

Dalam BIS : Jangan menyembah patung semacam itu, karena Akulah TUHAN Allahmu, dan Aku tak mau disamakan dengan apa pun. Orang-orang yang membenci Aku, Kuhukum sampai kepada keturunan yang ketiga dan keempat. Tetapi Aku menunjukkan kasih-Ku kepada beribu-ribu keturunan orang-orang yang mencintai Aku dan taat kepada perintah-Ku.

Ilustrasi 

Perintah melarang pembuatan dan penggunaan patung buatan sebagai obyek untuk disembah.  Perintah ini mengingatkan  bahwa Allah adalah Roh sehingga tidak dapat dipahami sebagai yang dibuat menurut rupa manusia ataupun menurut rupa suatu makhluk ciptaan lain. Allah adalah Allah dan manusia adalah ciptaan Allah.  Manusia harus menyembah Allah sebagai  pencipta. Allah kudus dan manusia berdosa.  Tuhan tidak bisa disamakan dengan patung 

Aplikasi 

Kasih Allah akan dinyatakan dalam kehidupan kita ketika bepegang teguh pada perintah-perintahNya.  Allah kita adalah Alah yang cemburu bahkan sangatlah cemburu. Allah tidak mau disamakan dengan apapun.  Ini membuktikan bahwa Allah menuntut supaya kesetiaan terhadap Allah dinyatakan karena kasih kita yang tidak terbagi kepaNya. Dalam poin yang kedua ini Allah memberikan suatu perintah agar orang percaya tidak membuat baginya patung untuk di jadikan sebagai dewa bagi dirinya sendiri. Sehingga menduakan Tuhan dan tidak menyembah Allah yang benar.  

Ketiga , Tidak menyebut nama Tuhan Allah dengan sembarangan. (7).

Dalam BIS Jangan menyebut nama-Ku dengan sembarangan, sebab Aku, TUHAN Allahmu, menghukum siapa saja yang menyalahgunakan nama-Ku.

Dalam FAYH "Janganlah menggunakan nama Yahweh, Allahmu, dengan tidak hormat atau dengan sia-sia (atau untuk bersumpah palsu). Kalau kamu melakukannya juga, maka kamu tidak akan lolos dari hukuman.

Ilustrasi

Jika ia hendakalah kamu katakan ia. Dan jika tidak hendaklah kamu katakan tidak 

(tidak bersumpah sembarangan.:ex. Sumpah demi nama Yesus)

Aplikasi 

Bapak/ibu yang dikasihi Tuhan dalam bagian yang ketiga ini menekankan bahwa. siapa saja yang menyalahgunakan namaNya dengan tidak hormat dan dengan sia-sia, dan bersumpah palsu, maka Allah akan menghukum dan Allah tidak membiarkan atau tidak meloloskan orang dari hukuman. Allah melarang dengan keras dan tegas agar setiap orang percaya tidak main-main dengan Nama Tuhan.

Keempat " Ingatlah akan hari Sabat sebagai hari yang kudus.

Dalam BIS : Rayakanlah hari Sabat dan hormatilah hari itu sebagai hari yang suci.  hari sabat adalah hari yang khusus untuk Allah. Hari istrahat oleh karena enam hari sudah bekerja dan hari ketuju adalah hari khusus untuk merayakan sabat Tuhan sebagai hari raya yang kudus bagi Tuhan.  

Ilustrasi 

“Seorang anak kecil yang selalu mengingat bahwa setiap hari minggu itu adalah waktunya untuk datng kegerja. Anak sekolah minggu tidak pernah lupa dengan hari dan waktunya untuk kegerja. Dia selalu ingat dan dia tidak mau ketinggalan utnuk tidak ikut sekolah minggu”

Bapa/ibu yang dikasihi Tuhan Allah memberikan waktu selama enam hari untuk kita bekerja dan Allah memberi kita pada hari ketujuh yaitu hari istrhat.  Dalam artian bahwa hari istrhat itu kita tidak melakukan segala kegiatan kita seperti yang kita lakukan selama hari pertama sampai keenam tetapi pada hari sabat itu kita khususkan untuk menghampiri Allah dan bersyukur padanya. Terkadang kita bukan tidak mengetahui hari minggu adalah hari sabat hanya saja kita selalu melupakan bahkan sampai melalaikan untuk lebih memili untuk kesenangan contohnya dalam berolaraga dari pada datang kegereja.

KESIMPULAN

Bapak/ibu yang dikasih Tuhan, mengetahui siapakah Allah sebagai pencipta itu sangat penting dan tidak cukup hanya mengetahui saja tetapi mengimaninya sebagai Allah yang kudus yang berkuasa dan Allah yang mengampuni segala dosa manusia.  Ketika percaya kepada Tuhan maka jelaslah bahwa ketatan terhadap Tuhan harus nyata dan terlihat dalam hidup kita, mampu melakukan dan mentaati hukum Tuhan sebagai pedoman untuk hidup  dalam ketertiban, dan senantiasa datang kepada Allah dan tidak menduakan Tuhan.

Tuhan Yesus Memberkati


0 Response to "HUKUM ALLAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel