Kebangkitan Yesus

KEBANGKITAN YESUS

Lukas 24:1-12

 

            Shalom,.Salam damai dalam Kasih Tuhan kita Yesus Kristus

Kita patut bersyukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus, oleh karena kasih dan kesetiaanNya selalu baru tiap hari. Pada hari ini dalam suasana paskah: peringatan hari kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus, kita bersyukur dapat merayakannya bersama. Kali ini walaupun dalam perayaan hari besar seluruh umat Kristen, sejak merayakan Jumat Agung dan paskah di tahun 2020 ini, tidak sama suasana seperti biasanya, namun kita tetap percaya bahwa dalam suasana yang berbeda sekalipun, makna dari kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati dapat memberi arti yang sesungguhnya dalam kehidupan kita semua. Tema kita hari ini adalah kebangkitan Yesus. Dalam pembacaan kita hari ini, kita melihat bahwa pagi-pagi benar pada hari pertama Minggu itu, Maria dan Yohana dan Maria ibu Yakobus serta perempuan yang lain pergi bersama ke kubur Yesus untuk membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka. Mereka datang ke kubur Yesus namun, mereka mendapti bahwa batu kubur itu telah terguling dan mayat Yesus sudah tidak ada. Mereka termangu, dan bingung mungkin bertanya dalam hati mereka kemana Mayat Yesus. Tetapi tiba-tiba malaikat Tuhan datang dengan pakaian yang berkilauan. Mereka yang melihat malaikat itu menjadi takut, dan menundukan kepala mereka. Lalu malaikat itu berkata kepada mereka “mengapa kamu mencari Dia yang hidup? Diantara orang mati? Ia tidak ada disini. Ia telah Bangkit. Ingatlah apa yang telah dikatakan kepadamu. Sebelum Yesus mengalami penderitaan dan sampai mati di Salib, Ia sudah pernah mengatakan kepada para murid bahwa Ia akan diserahkan dan akan mati dan pada hari ketiga akan bangkit dari antara orang mati. Maka dalam Lukas 24:8 berbunyi “maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus” bahwa Ia akan bangkit pada hari ke tiga. Sesudah itu mereka pergi dari kubur itu kembali dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. Itulah gambaran singkat yang terjadi di hari Minggu mengenai kebangkitan Yesus Kristus. Saudara yang dikasihi Tuhan, mengerti dan memahami makna sesungguhnya arti dari kebangkitan Yesus merupakan hal yang sangat penting dalam kekristenan. Karena kebangkitan Yesus adalah sesuatu yang sangat penting maka, perlu kerendahan hati dan kerinduan yang besar untu memahaminya.

Dalam Roma 4:25 Paulus mengatakan bahwa Kristus diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita. Jika demikian maka kebangkitan merupakan tanda bahwa pembenaran kita telah terlaksana. Kebangkitan menjadi tanda bahwa pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib telah diterima oleh Bapa. Penerimaan yang membuat setiap orang-orang pilihan Tuhan dibenarkan dan dibasuh dosanya. Berbicara tentang kematian dan kebangkitan Yesus merupakan suatu tema yang utama dalam kekristenan jika kita merujuk pada surat 1 Korintus 15:3 Paulus mengatakan bahwa yang sangat penting yang perlu disampaikan dalam pemberitaannya ialah memberitakan sesuai dengan apa yang telah dinyatakan kepadanya yaitu pemberitaan tentang Kristus Yesus yang telah mati karena dosa-dosa kita, bahwa Ia telah di kuburkan dan telah dibangkitkan pada hari ke tiga sesuai dengan kitab suci. Sesudah itu ia melanjutkan penekanan yang berkenaan dengan kebangkitan. Paulus mengatakan bahwa andai kata Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah kepercayaan kita dan kita pasti masih hidup dalam dosa kita (1 Kor. 15:14,17). Kalau demikian adanya setiap manusia yang telah berdosa pasti dibinasakan. Namun berita tentang kebangkitan Yesus Kristus telah terjadi. Yesus Kristus telah bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga. Puji Tuhan.

Dalam kisah yang dicatat oleh Alkitab sesudah hari persiapan, para imam kepala dan orang-orang farisi menghadap Pilatus. Dan berkata “kami ingat bahwa si penyesat itu, sewaktu hidupNya pernah berkata sesudah tiga hari Aku akan Bangkit”. Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga, jikalau tidak murid-muridNya akan datang dan mencuri Dia lalu mengatakan kepada rakyat; bahwa ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk daripada yang pertama”. Dan Pilatus mengabulkan permintaan mereka untuk menugaskan penjaga kubur Yesus. Namun saudara tahu bahwa ketika malaikat Tuhan datang para penjaga untusan Pilatus itu dikagetkan oleh karena kedatangan malaikat.  Mereka sangat takut dan menjadi seperti orang mati. Kebangkitan Yesus Kristus adalah kebangkitan yang dahsyat. Dalam kedahsyatan itu Saya menemukan persamaan yang terlihat ketika Yesus lahir para malaikat beritahukan kelahiranNya. Dan sesudah Yesus bangkitpun para malaikat datang memberitahukan KebangkitanNya. Jadi kelahiran dan kebangkitanNya adalah peristiwa yang ajaib, mengapa ajaib, karena Yesus adalah Raja yang berkuasa.

Itu berarti kepercayaan atau iman kita kepada Kristus tidak akan pernah sia-sia. Melalui kebangkitan Kristus membuktikan Dia adalah Tuhan. KebangkitanNya membuktikan kemenangan terhadap maut, dosa dan iblis. KebangkitanNya membuktikan Dialah raja yang berkuasa yang membebaskan manusia yang telah dibelenggu oleh dosa. Biarlah Kebangkitan Yesus Kristus dapat meneguhkan dan mengokohkan Iman kita. Memberi jaminan untuk kita memperoleh Hidup kekal serta memberi pengharapan kepada kita bahwa kesetiaan kita melayani, mengasihi Tuhan dan hidup dalam kebenaran semua itu dapat diperhitungkan sebagai upah dan mahkota bagi kita. Dan Kiranya melalaui kebangkitan ini mari kita murnikan hati kita kemudian Semangat melayani dan semangat memberitakan injil, semangat beribadah, semangat memberi kepada Tuhan, dan mengasihi Tuhan dan sesama semua itu kita kerjakan dengan giat dan setia sampai Yesus Kristus datang kedua kali. Amin. Soli Deo Gloria

Selamat Paskah.


0 Response to "Kebangkitan Yesus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel